LIP 1

Ppkm Diperpanjang Lagi, 26 Juli Sampai 2 Agustus 2021

Edi mengajak keterlibatan para pelaku usaha untuk bekerjasama dan kooperatif dalam menjaga kondisi selama PPKM Level IV dengan mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Tanpa adanya kerjasama dari pelaku usaha dalam mematuhi PPKM Level IV ini, maka akan sangat sulit untuk keluar dari zona merah. Dirinya yakin dengan Inmendagri nomor 26 tahun 2021 ini sebagai solusi untuk pelaku usaha tetap bisa beraktivitas. Menko Airlangga meyakinkan, meskipun diterapkan PPKM Darurat (di Jawa-Bali) dan PPKM Mikro diperketat (di Luar Jawa-Bali), namun kegiatan di Sektor Esensial tetap beroperasi, sehingga tidak akan menimbulkan kekhawatiran gelombang PHK kembali. “Juga terus dijaga dengan mendorong kegiatan ekspor, termasuk ekspor dari UMKM. Lalu dengan bantuan sosial yang dilanjutkan dan dipercepat, seperti diskon listrik, dan juga kegiatan-kegiatan lain yang menopang sektor produktif.

Mengapa PPKM di perpanjang lagi

Angka tersebut ditargetkan naik jadi 2 juta dosis vaksin pada Agustus 2021. Sri Mulyani memprediksi ekonomi tumbuh pada semester I/2021 di kisaran three,1-3,3 persen. “Balik ke mikro lagi. Jadi untuk pelaku usaha nanti mereka tetap melaksanakan usaha nya dengan tetap menerapkan Prokes,” jelasnya. “Pemerintah harus memikirkan perekonomian masyarakat jika PPKM darurat diberlakukan terus menerus untuk menekan covid-19. Sudah saatnya masyarakat beraktifitas kembali untuk memenuhi kebutuhan ekonominya yang terpuruk saat PPKM darurat diberlakukan dan ada peningkatan pandemi, ” pungkasnya.

Tempat konstruksi dan lokasi proyek dapat beroperasi a hundred persen dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat. Untuk menjaga tingkat pengendalian kasus COVID-19 dan meningkatkan efektivitas pengendalian COVID-19 di tingkat nasional, pemerintah memutuskan melakukan perpanjangan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Agen Bola Online Masyarakat Berbasis Skala Mikro . Perpanjangan dilakukan selama dua minggu, yaitu mulai tanggal 6 April sampai dengan 19 April 2021. Transportasi umum (kendaraan umum, angkutan masal, taksi dan kendaraan sewa/rental) diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Presiden Ketujuh RI itu menjelaskan pelaksanaan PPKM selama 23 hari terakhir telah menunjukkan hasil baik. Indikatornya ialah kasus baru Covid-19 makin terkendali, tingkat keterisian bed rumah sakit berkurang, dan positivity fee juga turun. Tidak ada perbedaan signifikan dari PPKM Level four ini dibanding dengan Inmendagri yang mengatur pembatasan kegiatan masyarakat sebelumnya. Beliau mengatakan akan ada sejumlah pelonggaran kegiatan ekonomi masyarakat mulai dari pasar hingga pedagang kaki lima mulai 26 Juli 2021.

Dalam PPKM Mikro kali ini tempat wisata diperbolehkan buka selama empat hari dalam satu minggu. Mereka berkomitmen untuk selalu mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan dan vaksinasi untuk mengakhiri pandemi ini. Sementara itu, untuk perusahaan yang bergerak di sektor non esensial tidak diharapkan bisa beroperasi 50 persen. “Kalau yang oblique, itu tidak apa-apa, yang work at home 10 persen-25 persen. Tapi, intinya bagaimana roda ekonomi tidak setop,” ujar Arsjad. PPKM – tak dapat kita pungkiri – membuat sebagian masyarakat sudah kibarkan “bendera putih” atau lempar handuk.

Menurut knowledge KPCPEN, kasus aktif sudah turun 25,forty two persen jika dibandingkan dengan puncak tertinggi di 5 Februari 2021. “Roda ekonomi bukan hanya untuk usaha, tapi juga kami perhatikan dampak sosial. Ini agar menjaga teman-teman yang tidak ada tabungan bisa mendapatkan pendapatan untuk bisa hidup,” jelas Arsjad. Pertama, perusahaan berorientasi ekspor, sektor manufaktur, dan padat karya dapat beroperasi 100 persen. Pemerintah kemudian memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat sampai Senin (25/7). Selanjutnya relaksasi penerapan PPKM Darurat akan dilakukan secara bertahap mulai Senin (26/7) dengan catatan penurunan kasus Covid-19.