Cara agar anak mau makan sayur

Cara Mengatasi Anak Yang Tidak Mau Makan Karena Sariawan

Bunda mungkin perlu menyajikan buah baru 10 kali atau lebih sebelum mereka menerimanya. Smoothies merupakan minuman berbahan dasar susu atau yoghurt yang dapat dicampur dengan buah-buahan. Campurkan berbagai jenis buah ke dalam smoothies sesuai selera si Kecil. Sebaiknya hindari penggunaan gula pasir supaya si Kecil tidak kelebihan asupan gula.

Formulanya dirancang agar lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan minyak ikan cod lainnya. Jika digunakan dalam jangka panjang, bahan-bahan tambahan tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan anak. Anda juga bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter anak agar tidak salah memilih suplemen. Pilihlah suplemen dengan kandungan vitamin dan mineral yang lengkap jika anak benar-benar kesulitan untuk makan.

Cara agar anak mau makan buah

Biasakanlah untuk makan buah dan sayur serta tidak memilih-milih makanan, terutama saat makan bersama Si Kecil. Bila Si Kecil suka pizza, kreasikan pizza dengan aneka sayuran atau buah. Jangan lupa memberitahunya bahwa buah dan sayur yang ada di atas pizza tersebut sangat baik untuk kesehatannya. Hal tersebut bisa dimulai dengan memberikan contoh orangtua dengan menunjukkan ekspresi senang, suka, dan enak saat makan buah di depan anak waktu makan bersama. Setelah itu, berikan pada anak sedikit demi sedikit,” ujar dokter Chika yang praktik di RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa ini.

Saat anak menghabiskan makanannya pasti membuat mothers senang, bukan? Moms juga bisa memberi anak hadiah maupun penghargaan untuk anak yang sudah mau mencoba memakan buah dan sayur. Tidak perlu memberikan hadiah yang berlebihan, dengan memberinya pujian karena anak sudah mau mencobanya. Dengan pujian akan membuat anak merasa senang dan anak akan merasa benar dengan apa yang dilakukannya. Studi ini menemukan bahwa meletakkan buah dan sayur di tempat yang mudah dijangkau oleh anak membuat mereka lebih cenderung menghabiskan makanan tersebut.

Anda juga bisa menatanya sesuai dengan tokoh kartun favorit mereka. Menciptakan suasana yang menyenangkan menjadi cara untuk mengatasi bayi yang susah makan. Sajikan sayur dan buah dalam bentuk yang unik, misalnya seperti tokoh kartun favorit anak seperti offended bird atau elmo.

Begitu selesai mengupas buah dan mencuci sayur, ajak pula anak untuk menyajikan buah dan sayur yang akan dimakan. Ya, bayi memang perlu diperkenalkan dengan berbagai buah sesuai usianya. Mengajak serta anak saat mempersiapkan buah dan sayur juga bisa dilakukan supaya anak lebih tertarik untuk mencoba memakan buah. Ajak anak untuk mengupas buah atau mencuci sayur, hal ini bermanfaat untuk mengajari anak dalam menyiapkan buah dan sayur yang akan ia konsumsi. Variasi dari jenis buah dan sayur yang diberikan kepada anak juga harus diatur. Agar anak suka makan sayur, maka Anda harus membiasakan mereka untuk makan sayur sejak kecil, tepatnya saat mereka sudah mulai mengonsumsi MPASI.

Mengatur jadwal makan serta menyediakan pilihan makanan yang sehat adalah kewajiban orang tua. Jadwal makan yang teratur akan membiasakan anak terbiasa untuk mengenali rasa lapar dan haus. Hal tersebut juga membuat anak menjadi disiplin untuk makan pada jam makan.

Cobalah untuk menyajikan menu makan anak menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Misalnya dengan menyerupai pahlawan kesukaannya atau hewan kesukaannya. Kandungan serat pectin yang terdapat pada buah lemon, “juga bermanfaat untuk menyehatkan dan melancarkan proses pada saluran pencernaan. Serat ini didapatkan dengan maksimal apabila mengonsumsi buah lemon secara utuh, termasuk daging buahnya,” terang Dokter Elfina. Makanan yang disajikan dengan tampilan warna menarik, cenderung disukai oleh anak-anak.

Desakan dari Ibu untuk terus makan atau suasana yang menjemukan bisa menjadi salah satu alasan anak tidak mau makan. Jangankan anak kecil, Ibu pun bisa merasakan bosan saat harus makan di tempat dan suasana yang sama, bukan? Nah, sebagai solusinya, Ibu bisa mengganti tempat makan si Kecil. Misalnya saja makan di kebun belakang sambil piknik sederhana atau makan sambil diiringi oleh musik yang menyenangkan. Selain itu Ibu juga bisa menyuapi si Kecil sambil bercerita atau bernyanyi.