Cara agar anak mau makan sayur

Biar Anak Mau Makan Sayur, Ahli Ungkap Rahasianya » Solopos Com

TEMPO.CO, Jakarta – Sayur dan buah-buahan merupakan dua dari makanan yang harus selalu tersedia untuk anak. Dua makanan ini merupakan sumber serat terbaik yang dapat menjaga kesehatan pencernaan si kecil. Masalahnya, tak semua anak mau makan buah dan sayur sehingga sering kali anak kekurangan serat makanan. Saat anak makan, dampingi ia dan berikan contoh bahwa kamu juga makan sayuran yang sama. Selain itu, orang tua juga bisa membujuk anak makan sayur dimulai dari jenis yang paling disukainya.

Buatlah bentuk-bentuk menarik yang disukai oleh anak anda supaya makan sayur menjadi hal yang menyenangkan untuk anak. anda bisa membuat boneka salju dari buah dan sayuran yang berbentuk bulat, atau menatanya seperti pola wajah pada piring makan anak. Memperkenalkan sayuran saat memasak bersama bisa membuat anak doyan makan sayur. Sembari memasak, Anda bisa menyisipkan manfaat sayur untuk tubuh.

Dan apabila hal itu terjadi, tentu tidak hanya anak yang dirugikan karena merasa sakit dan tidak nafsu makan. Karena jika kamu memberikan hal itu, maka kamu sama saja menyuruh dan membiarkan anak, untuk mencoba serta mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Sebab, apresiasi ini diperlukan untuk menciptakan kesan menyenangkan, ketika anak berhasil mencoba sayur yang tidak ia suka.

Pada awalnya, berikan anak jenis sayur yang ia senangi misalnya bayam atau wortel, serta masak sayur sesuai yang ia senangi, misalnya dengan direbus atau ditumis. Merdeka.com – Sayur merupakan bahan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh karena akan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, tidak semua orang menyukai sayur begitu pun dengan anak-anak. Bagi sebagian besar orang membuat anak mereka menyukai sayur merupakan hal yang sulit. Pasalnya, rasa sayuran tidak seenak daging, ayam, ataupun buah. Padahal, pada masa pertumbuhannya anak sangat membutuhkan konsumsi sayuran.

Cara agar anak mau makan sayur

Jangan biarkan anak Anda membenci sayuran hingga dia dewasa karena sayur berperan penting dalam pemenuhan nutrisi tubuh. Oleh karena itu, sebagai orang tua anda harus pintar-pintar dalam mensiasati agar anak mau makan sayur. Anda dapat memulai dengan membuat menu makanan berbahan sayur yang lezat agar anak menyukainya.

Setelah itu, carilah resep sederhana dan cepat dalam mengolahnya. Bunda bisa menyajikan sayuran mentah seperti mentimun dan tomat, disertai dengan yang dimasak. Kebanyakan sayuran akar, kol dan squash paling baik disajikan dimasak. Kahkonen juga menyarankan, Bunda bisa membuatcamilan malam berupa buah-buahan. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sesungguhnya masa depan anak yang hebat dimulai dari usia dini yang sehat. Cara pertama yang bisa Ibu coba adalah memasak sayurannya jadi beda. Misalnya, ketika Ibu berencana masak bayam hari ini, cobalah untuk mengolahnya menjadi keripik daripada sayur bayam biasa, seperti Keripik Bayam Kriuk ala Maggi. Di satu sisi, anak bisa mengonsumsi sayuran dengan cara lebih menarik, baik secara tekstur maupun tampilan.

Namun sebelumnya simak terlebih dahulu alasan anak tidak menyukai sayuran dan akibat yang akan terjadi jika anak tidak suka sayur. Menyembunyikan sayuran di dalam makanan lain seperti telur mungkin menjadi salah satu cara mengatasi anak susah makan sayur. Karena, anak perlu dikenalkan dengan sayuran dalam bentuk dan rasa yang asli, bukan disembunyikan dalam olahan lain. Mengajak anak anda memilih sayuran sendiri juga berpeluang untuk mengenalkan anak ke berbagai jenis sayuran yang lebih banyak. Sebab jika anak anda hanya mau memakan satu atau dua jenis sayur saja mereka dapat kekurangan sumber nutrisi dari jenis yang lain. Sebab buah dan sayuran dengan warna berbeda mengandung jumlah vitamin, mineral dan antioksidan yang berbeda.