Cara agar anak mau makan sayur

Anak Susah Makan Sayur Dan Buah, Ini Saran Ahli Gizi Untuk Para Orangtua

Melalui, Nutriclub menampilkan ratusan artikel tentang berbagai aspek pertumbuhan maupun nutrisi yang bisa diakses oleh semua ibu. Bantu si Kecil lebih mengenal sayuran, dengan menyajikan menu sayuran sebagai rutinitas harian Ibu. Dengan Mama mengajaknya untuk masak bareng, anak akan tertarik dengan sayur karena ia melihat sendiri prosesnya. Seorang anak mudah untuk meniru apa saja yang dilakukan oleh orang yang disekitarnya termasuk Mama dan Papa. Ketika berbelanja, pastikan ambil sayuran yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Anda tidak perlu membeli 1 kilo, tapi cukup untuk dicicipi di rumah.

Cara agar anak mau makan sayur

Biarkan dia memilih sendiri sayuran yang disukai agar berlatih untuk tertarik dan mencoba sayuran tersebut. Saat memasak dan menyiapkan, Anda juga bisa melibatkan mereka seperti meminta bantuan untuk mencucinya. Setelah makanan selesai dimasak, Anda dapat mengajaknya untuk makan bersama dan memuji bahwa makanan masakannya pasti enak. Jangan-jangan Anda tidak suka sayur meskipun tahu manfaat sayuran, jadi si anak jangan dipaksa, kan tidak adil bunda lebih baik berikan contoh. Bunda bisa mencampurkan potongan-potongan kecil wortel dan kacang polong yang tentu bakal sulit disingkirkan oleh si kecil. Supaya anak tidak langsung menolak nasi goreng sayur, campurkan dengan telur atau nugget kesukaannya.

Jika anda sudah mencoba berbagai cara agar si kecil mau makan sayur namun ia tetap menolaknya, sebaiknya anda jangan menyerah. Anda harus terus mencobanya, karena si kecil belum tentu seterusnya tidak mau mengonsumsi sayur. Sebelum menyukainya si kecil mungkin harus beberapa kali mencoba makanan tersebut. Anda dapat menawarkan lagi sayuran pada anak di lain waktu, namun dengan porsi yang wajar. Saat menyajikan sayuran untuk si kecil anda dapat membiarkannya untuk mengonsumsi sayuran sesuai dengan kemampuannya sendiri. Jika anak sudah mulai terbiasa dengan rasa sayuran maka anak akan mengonsumsi sesuai dengan selera.

Ketika si kecil masih balita, perkenalkan buah dan sayur secara satu per satu sehingga diketahui sayuran dan buah mana yang paling disukai si kecil. Nah, sekarang tidak perlu bingung lagi untuk mengajak anak makan sayur ya, Bun. Apalagi saat ini sudah banyak resep olahan sayur untuk anak yang bisa Bunda coba, supaya Si Kecil tidak bosan. Dengan melakukan berbagai tips di atas dan membuat beragam masakan sayur yang nikmat, lama kelamaan Si Kecil pasti akan suka makan sayur.

Tapi sayangnya, anak-anak hampir selalu menolak makan sayur. Jika dimarahi atau dipaksa, anak justru akan makin berontak dan membenci sayuran. Buah dan sayur berwarna berbeda juga mengandung nutrisi yang berbeda.

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA. Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya. Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan prognosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya. Coba saja campurkan sayur kedalam makanan kesukaan ENDEUSiast.