Cara agar anak mau makan sayur

Anak Balita Tidak Nafsu Makan

Lalu, kembalikan posisi makanan di tempat semula, dan minta balita memejamkan matanya. Agar si Kecil lebih tergoda untuk makan, Bunda ajak ia mengolah makanan mulai dari berbelanja di tukang sayur/pasar, memasak, sampai menghidangkan di meja. Kemajuan teknologi bikin anak-anak jadi semakin cerdas memanfaatkannya. Perkembangan teknologi pun membuat anak mudah mengakses informasi penting dan menikmati sarana hiburan, termasuk menikmati recreation dari internet atau jenis konsol lainnya. Jika ada saudara atau teman yang bisa diajak makan bersama, Anda bisa mengadakan lomba makan sayuran. Sediakan hadiah sederhana dan menarik, misal stiker favoritnya.

Melansir dari Mayo Clinic, Anda dianjurkan untuk memberi anak makan sesuai jadwal. Jika anak Anda terlalu lelah, mungkin ia akan memilih untuk tidur dan menolak makan. Saat anak susah makan, mungkin ia bosan dengan makanan harian, atau memang memiliki keluhan tersendiri. Beragam penyakit yang memengaruhi fungsi organ ginjal, hati, maupun organ lainnya bisa mengakibatkan anak susah makan. Kondisi ini biasanya dialami oleh anak yang baru saja hendak mencoba makan jenis makanan baru atau pernah mencobanya tapi tidak suka. Bunda mungkin bingung saat Si Kecil tiba-tiba menolak jenis makanan yang biasanya lahap dia santap, atau tidak lagi mau minum susu yang biasa dikonsumsi tiap hari.

Masalah sulit makan pada anak tidak boleh disepelekan oleh orang tua, karena dampaknya yang cukup serius, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Tiap ibu bisa memilih langkah apa yang sekiranya sesuai dengan karakter anak, supaya bisa melakukan pendekatan. Dengan ketelatenan dan kesabaran, insya Allah kesulitan makan pada anak dapat diatasi.

Oleh sebab itu, cara mengatasi anak susah makan sudah jelas, yakni sajikan menu yang variatif setiap harinya. Manfaatkan kecanggihan teknologi mesin pencari di dunia maya untuk mendapatkan referensi menu masakan. Pastikan juga Bunda turut menyertakan masakan favorit si kecil untuk menambah nafsu makannya. Karena itu, salah satu cara mengatasi anak yang susah makan adalah Bunda harus lebih kreatif lagi dalam menyajikan menu untuk si kecil.

Cara agar anak mau makan banyak

Rasa pahit yang berlebih pada jenis bahan makanan tertentu dapat mengakibatkan anak susah makan. Kebanyakan anak lebih menyukai rasa yang manis daripada rasa pahit atau hambar pada sayuran. Hal ini menyebabkan anak susah untuk makan sayuran yang disajikan di rumah. Jadi vitamin penambah nafsu makan anak dengan vitamin C sangat disarankan sebagai camilan yang sehat untuk menjaga nafsu makannya agar lebih baik. Jika bayi susah makan karena memang sedang sakit atau tumbuh gigi, jangan memaksanya makan ya, Bu. Untuk tetap menjaga asupan nutrisi di dalam tubuh bayi, Ibu bisa menggantinya dengan memberikan jus buah atau sup yang lebih mudah dikonsumsi dalam keadaan sakit.