Genose mendeteksi covid

Rt Lamp Resmi Diluncurkan, Alat Deteksi Covid

Proses deteksi Covid-19 harus dilakukan secara masif guna membantu menekan penyebaran. Tes Genose juga saat ini menjadi salah satu metode tes Covid-19 yang digunakan di beberapa tempat umum salah satunya stasiun kereta api. Lalu, petugas akan menyapukan alat tersebut agar sampel cairan yang terambil bisa maksimal. Satu alat yang akan dipasarkan dengan nama ELVA Diagnostic SARS-CoV-2 Saliva Nucleic Acid Test Kit dibanderol seharga Rp488 ribu. ” Khusus RT LAMP Saliva ini akan segera masuk e-katalog inovasi LKPP dan yang penting akan diuji efektivitasnya di tempat-tempat publik,” kata Bambang.

Alat deteksi Covid dari air liur

Akterono D. Budiyati, IVD Division Research Manager Stemcell and Cancer Institute pun mengatakan bahwa tes Covid-19 dengan air liur ini memiliki performa akurasi yang tinggi dengan sensitivitas 94 persen dan spesifitas 98 persen. Untuk indikator positif atau negatif, dapat dilihat dari perubahan Judi Online warna pada sampel dengan kasat mata. Apabila berubah menjadi keruh, maka sampel tersebut positif terpapar virus corona. Untuk menjalankan RT-LAMP Saliva ini hanya dibutuhkan tenaga laboratorium dengan kemampuan dasar teknis aseptik dan prinsip kerja di fasilitas molekuler untuk menganalisis sampel air liur ini.

Tes Covid-19 dengan air liur adalah salah satu inovasi untuk mengisi kebutuhan tes yang kian hari kian bertambah. ” RT LAMP Saliva ini sendiri harapannya bisa membuat masyarakat mau untuk diperiksa, nyaman, praktis, cepat dan ekonomis, selain tentunya tingkat akurasi tinggi,” kata Bambang. Metode pemeriksaan lain yang lebih sederhana juga dikembangka Universitas Gadjah Mada melalui GeNose 19. Dengan harga lebih murah, masyarakat cukup menghembuskan napas melalui plastik yang dipersiapkan dan akan diperiksa lewat sebuah alat khusu. Kalgen Innolab merupakan Laboratorium Klinik Utama penyedia layanan tes COVID-19 yang termasuk dalam jejaring Kementrian kesehatan dan salah satu associate dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan memiliki portfolio lengkap untuk test COVID-19.

Dream – Selama ini, pemeriksaan untuk Covid-19 selalu merujuk pada metode Polymerase Chain Reaction . Metode ini diterapkan melalui tes usap dengan cara mengambil cairan di dalam tenggorokan. Adapun, layanan pemeriksaan baru RT LAMP Saliva bisa didapatkan di Laboratorium Klinik Kalgen Innolab dengan merk InnoLAMP yang melayani masyarakat umum maupun sebagai rujukan dari fasilitas kesehatan yang bekerjasama, terutama untuk area Jabodetabek. Bambang menuturkan, RT Lamp Saliva yang dihadirkan Kalbe Farma akan menjadi bagian penting dari inovasi Indonesia dalam bidang deteksi Covid-19. Inovasi ini dinilai akan meningkatkan kapasitas deteksi covid-19 di Tanah Air.

” RT LAMP Saliva ini bisa menjawab tantangan akan keterbatasan laboratorium kita, yang mungkin tidak semua daerah bisa mempunyai fasilitas ini,” ujar Menteri Riset dan Teknologi, Bambang S Brodjonegoro. “Kita perlu mencari cara untuk meningkatkan testing untuk 270 juta penduduk Indonesia yang tersebar di berbagai pulau. RT LAMP Sativa dalam pandangan saya bisa menjadi salah satu alternatif untuk mempercepat testing,” tandas Bambang. Wiku mengimbau Satgas daerah dan pemerintah daerah mengambil langkah antisipatif untuk mencegah terjadi kerumunan mobilitas terkait perayaan Paskah. Bambang menuturkan, kesuksesan untuk mendeteksi Covid-19 juga sangat tergantung pada jumlah tes yang dilakukan. “Ini adalah inovasi yang sangat menjanjikan dan merupakan terobosan di dalam upaya untuk meningkatkan kapasitastestingkita,” kata Bambang di Jakarta, Kamis (25/3). Namun, kata Bambang, virus ini tidak menimbulkan keparahan penyakit yang lebih.

Menurut jurnal tersebut, air liur, baik dari batuk atau usap oral, adalah sampel klinis yang sah untuk mendeteksi SARS-CoV-2. Secara kolektif, air liur berpotensi sebagai penentu diagnosis dan berperan dalam mendeteksi COVID-19. Dia menyebut, tes diagnostik COVID-19 dengan sampel saliva ini merupakan terobosan inovatif hasil karya Anak Bangsa, yang dikembangkan oleh tim riset dan pengembangan Kalbe yaitu SCI melalui serangkaian proses pengujian sesuai dengan ketentuan.