Genose mendeteksi covid

Peneliti Unpad Kembangkan Dua Inovasi Alternatif Alat Tes Covid

Salah satu contoh limbah biomassa lokal yang dapat digunakan adalah kulit buah salak pondoh. Penelitian ini telah dipublikasikan pada jurnal internasional “Materials Chemistry and Physics” yang berjudul “Activated Porous Carbons Derived from the Indonesian Snake Fruit Peel as Anode Materials for Sodium Ion Batteries”. Dalam penelitian ini, materials karbon berhasil diproduksi dengan proses yang sederhana dan dimungkinkan untuk produksi skala industri. Material karbon yang diperoleh kemudian digunakan sebagai materials Tembak Ikan Terpercaya anoda untuk sistem baterai sodium. Dari tes yang telah dilakukan, dapat ditunjukkan bahwa kulit salak dapat digunakan sebagai bahan baku anoda yang sangat prospektif karena merupakan sumber daya yang terbarukan dan jumlahnya yang sangat melimpah.

Biaya operasionalnya pun terbilang murah lantaran hanya membutuhkan Rp600 untuk pemeriksaan dan Rp7.000 untuk plastik penyimpan hembusan nafas serta hepa filter. Bambang mengaku, satu unit GeNose dijual Rp 62 juta dan bisa digunakan one hundred ribu kali. Biaya operasionalnya terbilang murah lantaran hanya membutuhkan Rp 600 untuk pemeriksaan dan Rp 7.000 untuk plastik penyimpan hembusan nafas serta hepa filter. Sebagai bentuk dukungan terhadap inovasi anak bangsa dan menekan biaya penumpang transportasi, Kementerian Perhubungan pun mewajibkan moda kereta api memasang GeNose mulai 5 Februari 2021.

Sehingga menjadi motivasi besar saya sejak lama melakukan riset alat radiografi digital dengan harga bisa dijangkau,” katanya. Dalam melakukan deteksi covid-19, GeNose menggunakan teknologi synthetic intelligence . Selain itu, pengambilan sampel juga tidak sesulit swab yang biasa digunakan karena ternyata GeNose bisa mendeteks covid-19 hanya dari hembusan napas sehingga lebihi mudah dan nyaman. “Selain itu reagen-reagen yang digunakan untuk uji PCR merupakan one hundred pc impor,” sambung peneliti Pusat Penelitian Kimia – LIPI. Ketika terjadi wabah di dunia maka pasokan reagen RT-PCR dari luar menjadi terkendala.

Alat deteksi Covid murah

Di Jepang, alat ini akan dijual seharga JPY25,000 atau sekitar Rp3,5 jutaan. Satu package itu diklaim dapat digunakan untuk menguji sampel darah dari 10 pasien berbeda. Bambang menyebut, GeNose bisa mendapatkan hasil tes corona dengan lebih cepat dan murah dibandingkan dengan PCR take a look at. GeNose C19 buatan UGM diklaim mampu mendeteksi virus korona baru dengan cepat dan biaya sangat murah. Masyarakat harus bangga karena Indonesia berhasil membuat alat tes Covid-19. Mengutip dari situs Liputan6, pemerintah memberikan apresiasi kepada tim GeNose dari Universitas Gajah Mada yang sudah bekerja keras untuk menciptakan inovasi ini dan membantu pemerintah dalam melakukan upaya 4T .

Alat ini dapat mendeteksi organ dalam, otot, struktur organ dan tulang, serta adanya gangguan patologis. Minuman ini hanya diminati oleh kawula muda saja yang menyukai minuman manis. Namun, tidak untuk orang tua yang harus lebih menjaga kondisi kesehatan tubuhnya.