Tips agar anak mau mendengar nasihat

9 Cara Menasehati Supaya Anak Nurut Sama Orang Tua

Jika Bunda dan Ayah merasa pernah mengatakan sesuatu yang membuat anak sedih, marah, atau jadi menjauh dari kalian, jangan malu untuk meminta maaf. Melalui komunikasi yang tenang dan bersuasana positif, anak akan merasa diperhatikan dan Bunda bisa mendiskusikan apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengelola emosinya dengan baik. Namun, menanyakan kalimat seperti ini tidak akan berdampak baik untuknya dan tidak akan membantu Bunda untuk memahaminya. Berteriak untuk mendapatkan perhatian anak juga tidak akan terlalu berhasil.

Sekalipun dibantu oleh terapis, hasilnya tak akan maksimal bila orangtua tak mau bekerja sama,” tutur Gracia. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah Anda harus menyadari bahwa mungkin ada hal yang perlu ditingkatkan oleh orang tua dari permasalahan ini. Menyusu memungkinkan rahang bayi yang masih dalam proses perkembangan terbentuk menjadi lebih baik. Misalnya, “Bersihkan mainanmu; mama sudah bilang ya!” cenderung kurang memberikan hasil yang positif jika dibandingkan dengan; “Aku tahu kamu tidak ingin tidur sekarang, tapi sudah larut dan kamu lelah. Tolong bersihkan mainanmu, dan aku akan naik ke tempat tidur denganmu.”

Sifat keras kepala dapat timbul karena sesuatu yang tidak sesuai ekspektasi dan rasa kekecewaan mendalam, sehingga sulit menerima nasihat dari orang sekitar. Jika hal yang dibutuhkan adalah sesuatu yang positif, tak ada salahnya untuk merealisasikannya. Kekerasan yang dilakukan akan membuat remaja dengan watak keras kepala menjadi memiliki trauma bahkan perasaan dendam. Perasaan dendam akan membuat jiwa remaja semakin sulit ditaklukan. Karena, hal tersebut akan membuat sang anak merasa dianggap dan dihargai oleh orang tua.

Cara agar anak mau mendengarkan kata orang tua

Apakah orang lain melihat apa yang sedang dikerjakan sebelum berbicara. Dewasa dan anak-anak butuh waktu untuk berpindah dari satu atau dua sisi otak yang lain sehingga mereka bisa memberikan perhatian penuh mereka. Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang peduli dan menghormati orang lain apabila ia pun diperlakukan dengan cara serupa. Oleh karena itu, sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai tersebut pada si Kecil sejak dini, Bu.

Rutinitas pada jadwal yang ada juga membatasi anak untuk melakukan hal lain yang mungkin tidak sesuai. Kedua orang tua wajib memelihara dan mendidik anak-anak mereka sebaik-baiknya. Saya mau nanya, kalau anak saya minggat, apakah saya sebagai orangtua mempunyai hak untuk memaksa anak saya pulang? Contohnya dia sudah ngekos dan kami paksa pulang tetapi dia tetap tidak mau.

Selayaknya anak-anak pada umumnya, mereka biasanya senang ketika dipuji atas keberhasilan yang bisa dilakukannya. Maka itu, coba sampaikan betapa bangganya Anda ketika anak bisa menjadi pendengar yang baik, dan mau menuruti permintaan Anda. Ketika suasana sedang tenang dan anak sedang dalam temper atau perasaan yang baik, sampaikan apa yang baik dan tidak baik untuk dilakukannya. Khususnya saat Anda sedang memintanya untuk melakukan suatu hal. Adanya sedikit peringatan tapi dengan tetap memberikannya kesempatan, biasanya membuat anak lebih patuh dan bertanggung jawab atas permintaan Anda. Selain itu, usahakan jangan hanya memerintahkannya untuk melakukan sesuatu saja, tapi berikan juga alasan kenapa hal tersebut harus dilakukannya.

Sebagai orangtua, kita sering merasa bahwa anak harus mendengarkan kita. Tanpa diminta, orangtua sering kali memberikan nasihat atau larangan pada anaknya. Kita selalu menganggap bahwa kita sudah punya bekal pengalaman hidup yang cukup untuk memberikan nasihat atau perintah kepada anak-anak. Dalam hal tertentu,acapkali orangtua terlalu memaksakan kehendaknya tanpa meminta pertimbangan anak. Pada posisi ini, tanpa sadar orangtua lebih mendominasi komunikasi. Begitu anak mendengar orang tua memanggilnya, maka ia harus segera datang.